TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Tips Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstall di Android


Android milik Google memang tidak sebaik iOS milik Apple dalam urusan keamanan, tapi pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan beberapa tips untuk mencegah aplikasi berbahaya terinstall pada smartphone Android milikmu.


Nah, buat kamu yang ingin tahu, berikut ini 4 cara mencegah aplikasi berbahaya terinstall pada smartphone Android kamu:

1. Hindari menginstall aplikasi dari sumber yang tidak jelas
Ini merupakan cara pertama sekaligus cara terampuh agar ponsel Android kamu tetap aman. Pastikan kamu menghindari menginstall aplikasi dari sumber yang tak diketahui (dari luar Play Store juga). Mengapa?

Jika kita menginstall aplikasi dari Play Store, sudah dipastikan bahwa aplikasi tersebut sudah lulus berbagai tes dari Google (walaupun sebenarnya banyak juga aplikasi sampah yang bertebaran di Play Store). Bayangkan apa yang bisa terjadi jika kamu langsung menginstall aplikasi tersebut dari sumber yang tak diketahui?

Tidak ada tes keamanan dari otoritas yang terpercaya, izin penggunaan hardware atau data yang tak jelas, atau bahkan sudah disisipi malware dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan menginstall dari Play Store.

2. Gunakan sideload apps jika membutuhkan saja
Tidak  semua aplikasi tersedia di Play Store, contohnya mudahnya adalah Fortnite. Game baru besutan Epic Games ini memang sengaja tak hadir di Play Store sehingga mau tak mau user harus mungunduh game tersebut dari website resmi Fortnite dan menginstallnya via sideload apps.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan sideload apps, pastikan jika kamu install jika membutuhkannya saja dan kamu juga wajib mengetahui dulu sumbernya. Pastikan juga kamu menginstall aplikasi yang bersumber dari website resminya. Jika seandainya aplikasi yang ingin kamu install sudah tersedia di Play Store, untuk apa menginstall dari luar?

3. Manfaatkan Google Play Protect
Buat kamu yang belum tahu, Google Play Protect merupakan sebuah layanan (fitur) keamanan baru untuk perangkat Android yang kamu gunakan. Fitur ini akan melindungi Android kamu dari aplikasi yang sekiranya menurut sistem keamanan Google Play Protect berpotensi bahaya (malware).

Google Play Protect akan memperingatkan kamu jika menemukan aplikasi yang berpotensi berbahaya dan segera menghapus aplikasi berbahaya tersebut dari perangkat kamu secara otomatis jika diperlukan.
4. Jangan gunakan toko aplikasi pihak ketiga
Terkadang banyak orang yang suka menggunakan aplikasi store pihak ketiga, pasalnya banyak aplikasi yang jauh lebih menarik dan gratis yang tidak kamu temukan di Play Store. Tapi, perlu kamu ketahui hal tersebut sama halnya dengan kamu menginstall aplikasi dari sumber yang tak diketahui.

Jadi resiko menginstall aplikasi berbahaya pada smartphone kamu jauh lebih besar dibandingkan kam menginstall aplikasi tersebut dari Play Store.


Itulah tadi beberapa tips untuk mencegah aplikasi berbahaya terinstall pada ponsel Android milikmu. Jika kamu punya tips tambahan seputar hal ini, jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment