TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Sejarah Komputer dari Generasi 1-5 | COCOK UNTUK CONTEKAN


Istilah Komputer

Kata “Komputer” diambil dari bahasa latin “Computare” yang artinya menghitung. Di Indonesia sendiri orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan komputer. Komputer bisa diartikan sebagai mesin elektronik yang dapat mengerjakan berbagai macam tugas-tugas tertentu, seperti menggambar, menulis, dan mengolah data untuk diubah menjadi sebuah informasi yang berguna. Peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari sangatlah besar. Komputer dapat membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan lebih cepat dan hasil yang lebih baik.

Sejarah munculnya komputer diawali dengan lahirnya sebuah alat hitung tradisioal yang disebut abacus atau di Indonesia juga disebut sempoa. Sempoa terbuat dari biji-bijian yang disusun berjajar dan dapat digeser-geser. Alat ini awalnya ditemukan di Cina  sekitar 3000 tahun lalu. Alat ini mengilhami penemuan-penemuan berikutnya yang lebih canggih.

Setelah muculnya abacus, muncul penemuan berikutnya yaitu pascaline (Kalkulator Roda Numerik). Pada tahun 1642 Blaise Pascal berhasil membuat  pascaline. Alat ini berukuran sebesar kotak sepatu serta menggunakan roda bergerigi yang harus diputar untuk melakukan perhitungan. Awalnya, alat ini hanya mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan, namun seorang ahli matematika asal Jerman, Gottfried Wilhem Leibniz, menyempurnakan alat tersebut sehingga dapat digunakan untuk pembagian dan perkalian dengan roda bergerigi khusus untuk pembagian dan perkalian.

Kemudian pada tahun 1821 muncul sebuah alat hitung bernama Difference Engine. Alat itu diciptakan oleh seorang ahli matematika asal Inggris bernama Charles erBabbage. Alat ciptaan Charles Babbage itu sepenuh nya sudah menggunakan tabung hampa.

Setelah lebih dari satu setengah abad, tepatnya pada tahun 1973, Dr. John Attanasoft dan Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik pertama. Komputer tersebut diberi nama Attanasoft Berry Computer (ABC). ABC mampu mengerjakan 29 persamaan linear sekaligus dan membuat komputer ini lebih unggul dari mesin hitung lain pada masa itu.

Namun jika dibandingkan dengan komputer yang ada pada masa sekarang, ABC terbilang masih sangat “primitif”. ABC hanya dilengkapi dengan tabung hampauntuk mempercepat proses kalkulasi. Namun komputer modern tidak lah terlepas sepenuhnya dari ABC. Pemisahan bagian memori dari bagian komputasi adalah salah satu yang masih diterapkan pada komputer modern, seperti halnya DRAM.

Sejarah Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electroni Numerical Integrator and Calculator). Merupakan komputer generasi pertama yang digunakan untuk keperluan umum.

ENIAC sudah dirancang sejak tahun 1942, namun baru mulai dikerjakan setahun kemudian pada tahun 1943, oleh John Prosper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering(University of Pennsylvania) dan selesai dikerjakan pada tahun 1946.

ENIAC berukuran sangat besar, dan membutuhkan ruang sebesar 500m2. Komputer ini menggunakan 18.000 tabung hamoa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor.

Komputer ini mampu memecahkan berbagai masalah perhitungan yang berbeda dengan melakukan pemrograman ulang. Pemrograman ulang komputer ini dilakukan dengan cara mengubah susunan kabel yang terpasang pada komputer.

Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya sebesar 140 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 30 ton dan ruang mesin yang sangat besar.

Perangkat lunak yang pertama kali dikembangkan adalah komputer sebagai desain pesawat dan peluru kendali. Salah satu orang yang mengerjakan hal tersebut adalah ilmuwan Jerman bernama Konrad Zuse.

John Von Neumann bergabung dengan tim University of Pennsylvania pada pertengahan tahun 1940-an. Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) pada tahun 1945 dengan memori untuk menampung baik program maupun data. Desain ini memungkinkan kompiter agar berhenti pada suatu saat dan dapat melanjutkan lagi pekerjaannya.

Von Neuman menciptakan unit pemrosesan sentral yang mampu mengkoordinasikan semua fungsi komputer melalui satu sumber tunggal. CPU pada komputer generasi pertama merupakan mesin pertama yang digunakan untuk mengoperasikan system komputer seluruhnya. Komputer generasi pertama dibuat dengan instruksi secara spesifik untuk tugas tertentu. Program-program komputer ini berbenuk layaknya kode biner.

Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Pada komputer generasi kedua terdapat perubahan dalam perangkat kerasnya. Yaitu diciptakannya transistor, alat yang mampu memaksimalkan kinerja komputer pada masa itu dengan ukuran yang sangat kecil. Mesin yang menggunakan teknologi ini pertama kali adalah supercomputer IBM bernama Stretch dan Sprery-Rand, serta komputer bernama LARC

Pada awal 1960-an bermunculan komputer generasi kedua yang ditargetkan pada bidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. Komputer pada masa ini sepenuhnya sudah menggunakan transistor, dan dapat digabungkan dengan komponen lain seperti printer, disket, memory, sistem operasi,dan program.

Pada masa ini juga muncul minicomputer, yang merupakan terbesar kedua dalamkeluarga komuter. Harganyapun lebih murah dibanding dengan komputer generasi pertama.

Sejarah Komputer Generasai Ketiga (1964-1970)

Pada masa ini, komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat. Seorang ilmuwan bernama Jack Kilby melakukan penelitian dan berhasil menciptakan komponen yang lebih canggih (pada tahun 1958) dibandingkan dengan transistor yang dinilai lebih cepa panas dan berpotensi merusak komponen komputer lainnya. Ia menciptakan IC atau Integrated Circuit yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu.

Dengan ditemukannya IC ukuran komputer menjadi lebih sederhana dan kecil. Serta lebih cepat dalam pengoperasiannya dan mendukung multitasking.

Sejarah Kompuer Generasi Keempat (1979-2000an)

Komputer generasi keempat memiliki IC yang lebih rumit dan kompleks dibanding  komputer geneasi ketiga. Pada masa itu IC mulai dikembangkan lagi. Pengembangan chip tersebut dimulai sejak tahun 1980, hingga akhirnya diciptakanlah satu chip tunggal yang mampu menampung ribuan komponen.

Perusahaan Intel telah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit pada tahun 1971,yang sudah menggunakan chip prosesor dengan sebutan 4004 yang berisi 230 transistor dan menggunakan daya sebesar 108 KHz, serta dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik.

Setahun kemudian, Intel memperkenalkan mikrokomputer yang mampu memproses 8 bit informasi dalam satu waktu dengan nama 8080. Berbeda dengan yang sebelumnya, mikrokomputer ini memiliki kemampuan lebih cepat, dan memiliki set instruksi yang lebih banyak.


Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang)

Pada masa sekarang ini teknologi berkembang sangat pesat. Begitu pula komputer, kemajuan teknologi memiliki dampak yang sangat besar terhadap komputer itu sendiri. Komputer generasi kelimapun disebut-sebut sebagai generasi komputer masa depan.

Sejak munculnya IBM-PC di khalayak umum, perubahan besar terjadi di dunia komputer. Daintaranya munculnya tablet, smartphone, netbook, dan banyak lagi penemuan-penemuan pada masa sekarang ini.

Komputer generasi kelima merupakan komputer yang umum digunakan pada masa sekarang. Baik rumahan maupun suatu instasi atau perusahaan, umumnya menggunakan komputer generasi kelima. Meskipun komputer generasi kelima ini memiliki ukuran yang relatif kecil dibandingkan para pendahulunya, namun lebih efisien dan mudah dioperasikan serta lebih canggih dan pintar.

Diatas tadi hanyalah secuil dari sejarah komputer yang panjang. Banyak hal yang akan terjadi pada masa mendatang dan komputer tidak terlepas dari hal itu. Akan banyak penemuan besar dibidang sains dan komputer. Bukan tidak mungkin perusahaan-perusahaan besar akan menggunakan robot sebagai tenaga kerja nantinya.

No comments:

Post a Comment