TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Kesal dengan banyaknya SMS Penipuan? Cegahlah dengan cara ini!





Dengan semakin berkembangnya teknologi keuangan, semua orang akan semakin mudah dalam melakukan transaksi. Akan tetapi, seiring dengan itu terdapat pula bahaya yang dapat merugikan kita.

Banyak dari kalian yang mungkin pernah menerima sms, pesan singkat atau pesan via WhatsApp yang isinya adalah permintaan sejumlah uang untuk dikirimkan ke rekening tertentu.

Si pengirim pesan umumnya menggunakan modus tertentu seperti isi SMS yang berupa transaksi dengan penerima pesan (target penipuan) yang belum dibayar, dan masih banyak trik lainnya yang digunakan pelaku sms penipuan.

Melihat kasus ini yang semakin membuat resah publik, mungkin sudah saatnya bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan.

Untuk merespon keluhan masyarakat mengenai penipuan dengan modus SMS permintaan uang ke re rekening tertentu, Kementerian Komunikasi Informasi dan Informatika (Kemkominfo) sebenarnya sudah menyediakan wadah atau portal untuk masyarakat agar dapat melaporkan kejadian tersebut.

Dengan adanya portal tersebut, publik juga dapat melakukan pengecekan informasi rekening bank yang memiliki riwayat tidak baik karna pernah dilaporkan atas kasus tertentu ataupun diduga terindikasi tindak pidana.

Masyarakat dapat mengakses dengan mengunjungi situs www.cekrekening.id yang sebetulnya sudah diperkenalkan ke masyarakat di tahun lalu. Setelah melakukan percobaan ke situs tersebut ternyata penggunaannya cukup mudah dan sederhana.

Bagaimana Cara Pencegahannya??

Bagi masyarakat yang telah mengunjungi website tersebut akan langsung diarahkan ke sebuah halaman yang mana terdapat dua kolom pada sisi kirinya.



Pada kolom tersebut, kita dapat memilih nama bank dan nomor rekening yang ingin dilakukan pengecekan.

Dalam kolom Bank terdapat beberapa nama bank besar, tercatat ada 17 nama Bank. Namun kalaupun kita tidak tahu nama Bank yang ingin kita cek, kita dapat mengklik “Bank Lainnya” pada kolom tersebut

Setelah memilih nama bank dan mengisi nomor rekening, Anda dapat mengklik tombol “Periksa Rekening”. Setelah itu Anda akan diberikan hasil penelusuran mengenai no rekening yang Anda masukkan sebelumnya.

Di halaman tersebut  akan menampilkan juga status rekening yang dapat dilihat dari tiga kolom yang tercantum yaitu “Pertama Dilaporkan, Status Terverifikasi, serta Jumlah Laporan.

Bagaimana Hasil Penelusuran Rekening Tersebut??

Jika rekening bank yang Anda masukkan aman, pada halaman portal tersebut akan menampilkan tulisan seperti ini:




Sebagai masyarakat yang cerdas, jika masih mendapatkan SMS diduga berbau penipuan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke portal ini seperti yang telah dijelaskan diatas.

Publik juga seharusnya bisa ikut aktif dalam melaporkan rekening-rekening yang sering melakukan penipuan agar tidak ada lagi korban penipuan lagi dari modus seperti ini.

Semoga tips sharing ini bisa bermanfaat bagi Anda :D

No comments:

Post a Comment