TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Pengertian Jaringan Komputer Beserta Manfaat dan Jenisnya

pengertian jaringan komputer

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah kata yang mungkin sudah sering kita dengar. Didalam aktivitas kita sehari-hari tidak akan pernah lepas dengan yang namanya jaringan computer. Sedangkan jaringan komputer itu sendiri adalah suatu sistem yang terdiri dari satu, dua, atau lebih computer yang saling terhubung melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga kita dappat saling berbagi data, entah itu, musik, dokumen, maupun aplikasi yang ada dikomputer.

Pengertian Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi komputer, terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer untuk mengirim informasi atau data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan akurat dan tepat.

Jaringan komputer memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi satu sama lain dengan sangat mudah. Peran jaringan komputer juga sangat diperlukan untuk mengintegrasi data dari setiap komputer - komputer pengguna (client) sehingga didapatkanlah data yang sesuai.

Manfaat

Setelah membahas mengenai pengertian jaringan komputer, selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat jaringan computer. Kita bisa mengetahui banyak sekali manfaat jaringan computer, yaitu :
1. Melakukan Proses pengiriman data secara fisien dan cepat
2. Mengakses file yang pengguna miliki sekaligis file pengguna lain yang telah di sebarkan (share) melalui jaringan internet
3. Membantu pengguna behubungan atau berkomunikasi dengan pengguna lain dari negara lain dengan mudah
4. Menghubungkan komputer karyawan atau pengguna agar dapat terhubung dengan printer dan dapat mudah menggunakan printernya
5. Mengakses berita dan informasi dengan mudah melalui jaringan internet yang juga merupakan salah satu contoh jaringan komputer

Jenis

Jenis jaringan komputer umumnya dikelompokkan menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi informasi atau data, media transmisi data, peranan dan hubungan setiap komputer dalam memproses data, serta jenis topologi yang digunakan. Berikut penjelasannya :

A. Jangkauan Geografis



  1. LAN (Local Area Network)
    Pengertian Jaringan Komputer | Gambar LAN
    Adalah jaringan yang mencakup wilayah kecil, seperti sekolah, kantor, dan warnet. Jaringan LAN mempunyai jangkauan kurang lebih 1 kilometer, terknologi yang digunakan biasanya adalah IEEE 802.3 Ethernet yang memiliki kecepatan transfer data sekitar 10-100 Mb/s. Lan juga biasanya digunakan dengan Jaringan nirkabel (Wi-fi)
  2. MAN (Metropolitan Area Network)
    Pengertian Jaringan Komputer | Gambar MAN
    Adalah jaringan yang mencakup suatu kotadengan kecepatan transfer data yang tinggi. MAN bisa diketahui sebagai gabungan dari beberapa serangkaian jaringan LAN. Jaringan MAN mempunyai jangkauan 10 sampai 50 kilometer. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel serta tidak dilengkapi switching yang berfungsi membuat suatu rancangan menjadi simple.
  3. WAN (World Area Network)
    Pengertian Jaringan Komputer | Gambar WAN

    Adalah jaringan yang menjangkau wilayah paling luas seperti antar benua maupun antar Negara di seluruh dunia. WAN digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan local (MAN). Biasanya contoh dari jaringan WAN yaitu Jaringan internet dari seluruh dunia.

B. Distribusi data atau informasiJaringan Terpusat

  1. Yang dimaksud adalah jaringan yang memiliki dua rangkaian yaitu komputer server dan client dimana komputer client memiliki fungsi sebagai perantara dalam mengakses data atau informasi yang berasal dari server.
  2. Jaringan Terdistribusi
    Yang dimaksud adalah jaringan yang menggabungkan jaringan terpusat, memungkinkan client dan sever terhubung sehingga membentuk suatu sistem jaringan.
C. Media Transmisi data
  1. Kabel (Wired Network)
    Berfungsi unuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya agar dapat terhubung dengan internet dan dapat berbagi informasi. salah satu yang paling sering digunakan dalam wired network adalah kabel UTP
  2. Nirkabel (Wireless Network)
    Jaringan ini memerlukan gelombang sebagai media transmisi datanya. Jaringan ini tidak memerlukan kabel untuk berbagi informasi karena menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal data atau informasi antar komputer satu dengan yang lainnya. Wireless network adalah yang sering digunakan dalam wireless adapter.
D. Peran dan hubungan tiap komputer
  1. Client-Server
    Terdiri dari beberapa server dan beberapa komputer, yang sering terlihat adalah satu server dan beberapa komputer. Disini server memiliki tugas sebagai penyedia sumber data agar client dapat menggunakan data tersebut.
  2. Peer to peer
    Baik server maupun client memiliki tugas yang sama. Server dapat menjadi client dan client juga dapat menjadi server.
E. Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah sebuah struktur atau jenis rangkaian yang menghubungkan jaringan satu dengan yang lainnya. Contohnya topologi bush, mesh, star, tree, dan masih banyak yang lainnya.


       

No comments:

Post a Comment