TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Jenis Jenis Kerusakan Pada Laptop dan Cara Mengatasinya

Artikel ini menjelaskan tentang Jenis-jenis kerusakan pada laptop, apa aja kerusakan pada laptop ?. Silahkan baca artikel dibawa ini :

1. Saat laptop dinyalakan, tidak ada tampilan dilayar LCD
Kondisi :

Masalah pada Laptop dan cara mengatasinyaSesaat Laptop dihidupkan, lampu LED menyala, terdengar desis suara kipas processor, akan tetapi tidak ada tampilan pada layar LCD “Blank Condition”.

Perkiraan solusi:

Coba cek RAM anda, karena jika RAM ada masalah maka proses gk bisa dilanjutkan ke level booting ke Sistem Operasi. Lepas dan bersihkan dengan kain halus atau penghapus setelah itu pasang kembali, jika masih belum ada perubahan, silakan cek slot tempat Memory RAM di pasang, bersihkan dengan sikat pembersih, jika ternyata masih belum ada perubahan, silahkan lepas RAM dan pasangkan pada slot lainnya, dan silakan cek kembali, jika berhasil sampai ke tampilan sistem operasi secara normal, berarti slot Memory RAM Anda bermasalah atau telah rusak

2.Layar LCD terang cahaya putih dan bisa sedikit kebiruan atau kehitaman
Kondisi :

Saat Laptop dihidupkan lampu LED menyala, berhasil booting dan loading ke sistem operasi dengan normal, tapi layar LCD terlihat terang dengan cahaya putih sedikit kebiruan atau kehitaman

Perkiraan solusi :

Silakan tes ke monitor PC, hubungkan slot VGA Laptop dengan kabel monitor PC, kalau dimonitor pc tampil normal berarti LCD laptop anda bermasalah. Biasanya disebabkan karena laptop anda pernah tertekan secara tidak sengaja, jatuh, atau kerusakan teknis lainnya yang dominan bisa terjadi. Untuk mengatasi adalah dengan mengganti LCD yang baru.

3.Layar LCD Blank setelah Install Software
Kondisi :

Saat setelah menginstal Software (misalnya : Games), tiba-tiba layar LCD Anda menjadi blank dan tanpa tampilan sedikitpun

Perkiraan solusi :

Biasanya ini karena kegagalan Installasi suatu Software. Silakan lepas RAM dan bersihkan dengan kain halus atau penghapus pensil. Hidupkan kembali Laptop, semoga dapat normal kembali.

4.Tidak dapat melakukan re-charging pada baterai laptop
Kondisi :

Saat anda me-recharge kembali power baterai Laptop, yang terjadi gk ada indikasi tenaga masuk ke dalam baterai

Perkiraan solusi :

Bisa jadi kabel power adaptor charger rusak atau adaptornya sendiri sudah berumur, sehingga tak mampu lagi mengantarkan supplay listrik ke baterai Laptop, Sebaiknya segera mengganti kabel power ataupun adaptor yang telah rusak.  Berikutnya bagian komponen laptop, tepatnya pada IC Charger, jika bagian ini ada masalah, maka supplay power tidak dapat terhubung ke baterai. Atau bisa jadi baterai Laptop sudah tidak berfungsi, sehingga hanya bisa dari supplay langsung adaptor.

5.Terlalu terang pada layar LCD saat dinyalakan
Kondisi :

Laptop berjalan normal, tetapi pengaturan resolusi VGA belum sempurna, sehingga cahaya dilayar LCD sangat terang, sakit jika terlalu lama menatapnya.

Perkiraan solusi :

Biasanya setelah install ulang OS, kondisi hardware belum ter-manajemen dengan baik sehingga laptop anda membutuhkan beberapa driver, khususnya driver VGA

6.Proses laptop lambat meskipun memiliki spesifikasi tinggi
Kondisi :

Laptop proses kinerjanya lambat, sehingga sering muncul pesan “Not Responding”. Pesan atau notifikasi lain juga sering muncul, sehingga laptop menjadi cepat panas atau Overheat.

Perkiraan solusi :

Kondisi dalam laptop yang kotor dapat memicu prosessor cepat panas atau Overheat. Silakan bongkar laptop dan bersihkan dengan hati-hati setiap bagiannya, pada bagian Prosessor jangan lupa dicek, bersihkan bagian tersebut dengan sangat hati-hati, kemudian berilah Balsam/Gel pendingin atau “Heatsink Compounds” pada bagian punggung prosessor untuk mengurangi Overheat tersebut. Jika ternyata masih lambat kinerjanya, coba lakukan maintenance lainnya seperti Cleanup Disk atau Defrag File Disk laptop anda dan lakukan Scanning terhadap Malware atau virus pada Disk.


7.Overheat pada Laptop
Kondisi :

Suhu laptop cepat sekali panas, pemakaian proses akan sering "Not Responding" bahkan terkadang hang pada Laptop dan kondisi hang yang berlebihan dapat menyebabkan laptop merestart sendiri.

Perkiraan solusi :

Sama dengan nomor 6.

8.Perangkat Wifi tidak mendeteksi sinyal yang ada
Kondisi :

Laptop tidak mendeteksi adanya sinyal wifi, padahal banyak sinyal yang aktif.

Perkiraan solusi :

Silakan cek driver wireless di Laptop anda sudah ter-install atau belum, jika belum silakan download dan install driver yang cocok untuk laptop anda. Jika masih belum berhasil, silakan cek perangkat wireless yang terpasang bagian dalam Laptop, coba tuker dengan perangkat yang lain kalau ada, jika berhasil mendeteksi sinyal wifi, berarti perangkat wifi anda sudah rusak dan harus ganti yang masih layak.

9.Laptop menjadi Blue Screen sesaat setelah dioperasikan
Kondisi :

Laptop tiba-tiba muncul tampilan biru dan ada pesan eror “dump crash”, kemudian bisa berlanjut ke proses restart atau shutdown sendiri. Ketika anda asik sedang bermain game atau sedang menginstall driver, hal ini bisa terjadi.

Perkiraan solusi :

Terdapat beberapa penyebab Blue Screen, antara lain : 

  • Ketika meng-install driver, ada ketidak cocokan antara driver tersebut dengan laptop. 
  • Ada juga dari beberapa perangkat yang terlalu berlebih saat mengoperasikannya, misal : VGA, RAM atau slot rusak.
  • Bad Sector pada Harddisk.
  • Motherboard rusak.
  • Atau saat mengatur ulang partisi dan tidak sesuai dengan file system yang seharusnya.


10.CD ROM tidak dapat membaca CD atau DVD
Kondisi :

Ketika CD Rom membaca CD atau DVD tersebut tidak dapat mendeteksi adanya perangkat yang dimasukkan

Perkiraan permasalahan :

Penyebab dari hal ini adalah piranti optik ini telah rusak, sehingga tidak dapat lagi membaca file atau folder yang di dalam CD atau DVD. Sebelum menggantinya silakan coba anda bersihkan piranti optik tersebut dengan kain halus secara perlahan, jika masih belum bisa berarti memang sudah rusak.

11.Pada saat Laptop dihidupkan terdapat bunyi tuts panjang dalam keadaan Blank LCD
Kondisi :

Bunyi tutt panjang saat Laptop dihidupkan, layar dalam keadaan Blank dan tidak ada tampilan OS

Perkiraan solusi :

Disebabkan perangkat RAM Laptop sudah rusak atau slot RAM kotor atau bermasalah. Jika RAM belum rusak pasangkan pada slot lainnya pada Motherboard, jika tetap belum berhasil, silakan ganti RAM yang masih layak

12.Tidak dapat Install Sistem Operasi
Kondisi :

Saat ingin meng-Install ulang dengan salah satu sistem operasi, proses installasi berhenti ditengah jalan, seakan-akan menolaknya.

Perkiraan solusi :

Ini karena tidak cocok jenis mesinnya apakah 32-bit atau 64-bit, silakan kamu sinkronkan. Metode instalasi juga bisa mempengaruhinya, penggunaan USB yang belum support bisa jadi penyebabnya.

13.Baterai laptop tidak dapat lagi menyimpan power
Kondisi :

Ketika  mengisi ulang baterai Laptop ternyata hanya sedikit yang tersimpan, padahal lampu indikator menunjukan kondisi Full battery.

Perkiraan permasalahan :

Kerusakan baterai bisa disebabkan karena penggunaan kurang tepat, menempatkan Laptop diatas kasur/busa sehingga tidak bisa mengatur sirkulasi udara dan cell-cell dari baterai akan cepat aus.

14.Bunyi tutt saling menyambung saat dihidupkan
Kondisi :

Terdapat suara tuts bergantian, dan akan berhenti ketika anda menekan salah satu tombol keyboard. Setelah masuk ke OS, tombol keyboard menekan sendiri, dalam kasus lain tidak mau berhenti menekan.

Perkiraan solusi :

Silahkan cek posisi tombol keyboard, bisa jadi tombol ada yang terjebak pada rangka keyboard Laptop. Jika belum berhasil berarti ada IC komponen keyboard yang sudah rusak.

15.Speaker terdengar pecah dan samar tidak jelas
Kondisi :

Saat mendengarkan mp3 /mp4, speaker terdengar suara pecah.

Perkiraan solusi :

Kondisi ini disebabkan karena speaker yang sudah rusak, meskipun sudah meng-install driver soundnya. Silakan Anda bersihkan piranti speaker tersebut, jika belum berhasil maka silakan cek IC komponen speaker atau ganti yang baru.

16.USB Port tidak bisa mendeteksi perangkat USB
Kondisi :

Saat akan membaca USB flashdisk, perangkat pembaca USB internal Laptop tidak berfungsi.

Perkiraan permasalahan :

Silakan cek port USB dan bersihkan dengan perlahan menggunakan sikat halus dan dilap menggunakan cairan khusus (bisa jadi ada pengkaratan disekitaran bagiannya). jika ada bagian konektor yang sedikit renggang, silakan kembalikan keposisi semula. Install driver untuk mengoptimalkannya. Jika semua sudah Anda lakukan dan hasilnya masih nol, maka port telah rusak

17.Gagal Booting saat Laptop dihidupkan
Kondisi :

Proses akan berhenti begitu saja ditengah jalan sesaat setelah Laptop dihidupkan, dan merestart sendiri

Perkiraaan permasalahan :

Pada kondisi ini, silakan Anda cek memory RAM, silakan perhatikan permasalahan pada nomor 13 diatas. Prosessor juga dapat menunjukkan gejalanya, silakan bersihkan dan olesi dengan pasta pendingin. Selain itu Motherboard juga perlu di waspadai, bisa jadi dalam hal ini sudah mulai menunjukkan gejala kerusakan. Silakan lengkapi semua bagian perangkat Laptop Anda dengan driver-nya. Satu hal lagi, bahwa silakan Anda upgrade bios Anda sesuai dengan versi update-nya.

Demikian artikel yang dapat kami sajikan, semoga dapat bermanfaat dan lancar barokah amiin.

No comments:

Post a Comment