TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Pengertian dan Fungsi SISTEM KOMPUTER


Pengertian Sistem Komputer

Penjelasan Mengenai Sistem Komputer
Pada zaman sekarang ini, komputer sudah menjadi perangkat yang paling banyak digunakan di berbagai industri serta dalam kegiatan yang dilakukan sehari-hari oleh mat manusia. Pada kenyataannya sudah tidak bisa kita pungkiri lagi mengenai hal ini, karena memang  komputer telah banyak mendominasi kemajuan teknologi yang ada sekarang ini. Selain digunakan dalam mempermudah pekerjaan, komputer sering juga digunakan sebagai media hiburan seperti misalnya bersosial media di dunia maya, streaming online maupun bermain game online / offline.
Dalam hal penggunaannya, kita seringkali mendengar istilah software, hardware dan brainware. Ke tiga istilah tersebut di atas sering juga disebut dengan Sistem Komputer. Yang mana ke tiga istilah  tersebut saling membutuhkan satu sama lain demi berjalannya sebuah penggunaan komputer.
Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai sistem komputer, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Sistem Komputer
Sistem berasal dari bahasa Yunani (sustema) dan bahasa Latin (systema)  merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari komponen / eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran materi, informasi atau energi. Sistem bisa juga merupakan suatu kesatuan bagian-bagian yang saling terhubung yang berada pada suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
Komputer adalah alat yang digunakan untuk keperluan mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang kerjaannya melakukan  sebuah perhitungan aritmatika, dengan / tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Sistem Komputer
Lalu, apa itu sistem komputer? Sistem komputer adalah sekumpulan perangkat-perangkat komputer yang mana saling terhubung dan berinteraksi satu sama lain yang berguna untuk melakukan proses pengolahan data pada komputer. Sehingga output yang dapat dihasilkan yaitu informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas, ke tiga komponen tersebut masing-masing memiliki peran yang begitu penting dalam mengolah sebuah informasi data. Ke tiganya dituntut harus bekerja berdampingan dan apabila salah satu dari komponen tersebut hilang atau tidak bekerja, maka sistem komputer tidak akan mampu bekerja sebagaimana mestinya.
Perangkat-perangkat tersebut memiliki fungsi masing-masing pada sistem komputer. Namun saat perangkat-perangkat komputer tersebut beroperasi, masing-masing akan bekerja dan saling mendukung satu sama lain. Software tidak akan berfungsi tanpa adanya hardware dan begitu juga sebaliknya, serta keduanya tidak akan bermanfaat untuk menghasilkan sebuah informasi jika tidak adanya brainware yang mengoperasikan dan memberikan perintah. Jadi bisa dikatakan bahwa komputer bukanlah sebagai sebuah alat saja tetapi juga merupakan sebuah sistem.

Fungsi dari Sistem Komputer
Tiga komponen utama dari sistem komputer memiliki fungsi yang sangat berguna bagi kemudahan kita sebagai penggunanya. Berikut ini ada beberapa fungsi dari sistem komputer, yaitu :
  • Menginput Data
    Fungsi yang pertama adalah menginput data yang ada ke dalam komputer. Sistem komputer memiliki fungsi untuk menginput seluruh jenis data yang telah dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat hardware seperti keyboard, mouse, scanner, microphone dsb.
  • Memproses Data
    Fungsi sistem komputer yang selanjutnya adalah memproses data. Data yang telah diinput oleh pengguna masih dalam berbentuk data mentah. Oleh karenanya setelah diinput, sistem akan melakukan sebuah proses mentransfer data mentah yang kemudian menjadi sebuah informasi yang bisa dibaca oleh memori komputer. Proses data ini dilakukan pada Central Processing Unit yang juga berperan sebagai otak dari komputer.
  • Menghasilkan Data
    Fungsi berikutnya dari sistem komputer yaitu untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil dari data mentah yang telah diproses. Hasil output tersebut bisa berupa sebuah informasi, gambar, suara maupun video yang memang sejak awal berupa sebuah pengolahan data.
  • Menyimpan Data
    Terakhir, sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data. Data output yang telah diolah dari proses pada akan disimpan pada sebuah memori yang ada pada komputer. Jadi, kita bisa menggunakan data hasil output tersebut yang telah tersimpan di memori komputer.


No comments:

Post a Comment