TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Ingin Tau Cara Membersihkan Perangkat Elektronik Yang Digunakan Setiap Hari? Berikut Cara Membersihkannya


Cara Membersihkan Perangkat Elektronik

Hampir setiap orang mempunyai kebiasaan menggunakan sebuah barang atau benda (terlebih khusus perangkat elektronik) dalam jangka waktu yang lama secara berkali-kali tanpa membersihkannya.

Kebiasaan ketika jarang mencuci tangan pun semakin membuat perangkat elektronik yang kita gunakan sehari-hari menjadi sarang kuman. Alangkah lebih baik kalau perangkat-perangkat tersebut ini sering dibersihkan agar tetap nyaman untuk digunakan.

Berikut beberapa cara untuk membersihkan perangkat elektronik yang sering kita gunakan.

1. Smartphone


Smartphone merupakan perangkat yang sering digunakan oleh masyarakat. Smartphone mudah   diletakkan di mana saja, mulai dari di atas meja, saku celana, saku baju, tas dan lainnya.

Karena dengan mudah diletakkan di mana saja mengakibatkan adanya potensi berkumpulnya kuman yang sangat besar. Kemudian untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan sanitizer gel lalu dilap dengan tisu atau tisu basah.

2. Charger Laptop atau Smartphone



Charger juga merupakan perangkat yang paling sering disentuh oleh orang, dan bisa diletakkan di mana saja sehingga mudah kotor dan terkontaminasi kuman.

Cara membersihkannya cukup mudah, dengan menyemprotkan cairan desinfektan ke tisu. Hal tersebut dapat membuat charger kita kembali bersih dari kotoran dan kuman.

3. Remote


Remote, baik itu remote TV, remote AC atau remote lainnya juga merupakan alat yang sering dipakai dan mudah diletakkan di mana saja, ternyata juga bisa berpotensi kotor serta berkuman.

Karena remote ini dipakai atau digunakan oleh banyak orang. Sehingga remote sangat rentan menjadi sarang kuman. Cara membersihkan remote pun cukup mudah dan sederhana. Sediakanlah air cuka dan lap. Lalu semprotkan air cuka tersebut pada remote, kemudian lap dan bersihkan bagian luar remote tersebut.

4. Earphone


Earphone merupakan salah satu perangkat yang sering kita pakai dan dikira bersih. Padahal pemakaian earphone yang begitu sering digunakan selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu membuat earphone tersebut cepat kotor.

Cara membersihkannya, pergunakanlah cairan desinfektan dan air hangat. Campur keduanya dengan rasio 70:30 (70% air hangat, 30% cairan desinfektan).

Setelah itu, ambil kapas secukupnya atau bisa juga dengan kain/lap microfiber.  Kemudian celupkan kapas atau kain/lap microfiber ke cairan desinfektan dan air hangat yang sudah dicampurkan tadi. Lalu, lap kabelnya serta bagian luar earphone dan bagian dalam earphone secara perlahan-lahan. Lakukanlah hal ini berulang-ulang supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk 'mengangkat' kotoran yang sedikit agak susah dan membandel, kamu bisa juga menggunakan sikat gigi/cotton buds, lalu menyikat bagian dalam earphone tersebut.

5. Laptop


Laptop menjadi salah satu perangkat yang paling sering dijadikan empat berkumpulnya kuman, baik pada bagian keyboard maupun layar dan sekitarnya.Kuman yang ada di laptop yang sering kamu gunakan bisa berjumlah jutaan bahkan lebih.

Ada cara yang cukup ampuh untuk membersihkannya, yaitu dengan menyemprotkan cairan khusus pembersih untuk laptop dengan kain/lap microfiber.

Untuk membersihkan debu-debu yang menggumpal bisa dengan dengan meniupnya jika tidak memiliki alat-alat seperti penyedot debu berukuran kecil untuk membersihkan barang-barang. Tetapi ada hal yang perlu diingat! Pastikan terlebih dahulu laptop sudah dimatikan sebelum melakukan bersih-bersih laptop.

No comments:

Post a Comment