TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

10 Fitur Terbaru Android 8.0 "Oreo"


10 Fitur Terbaru Android 8.0 "Oreo"
Dari generasi ke generasi, Google selalu menamai versi OS Android dengan nama makanan. Yang terbaru, Google meresmikan Android 8.0 Oreo sebagai versi terbaru dari android mereka. Dan kami akan mengulas beberapa fitur Android Oreo tersebut.
Sesuai yang dijanjikan, Android Oreo mengeluarkan sejumlah fitur baru. Optimisasi OS pada Android Oreo disebut-sebut membuat smartphone lebih pintar, cepat, powerful, dan tentunya lebih enak dilihat dari versi-versi sebelumnya.

1. Background Limit - Bikin Daya Tahan Smartphone Jauh Lebih Awet.
Android Oreo meminimalkan aktivitas di latar belakang pada aplikasi yang jarang digunakan. Ini dilakukan agar bermacam aktivitas di latar belakang itu tidak menyedot daya baterai yang berlebihan. Pembatasan di latar belakang ini mencakup tiga area utama. Yaitu implicit broadcast, background service, dan location update.
Untuk pengguna, daya tahan baterai smartphone yang menjalankan Android Oreo akan lebih awet. Kamu juga dengan mudah akan menemukan aplikasi-aplikasi yang banyak menguras baterai.

2. Notification Dots - Mempermudah Kamu Untuk Mengakses Hal-hal Penting
Fitur selanjutnya adalah Notification Dots. Ketika ada notifikasi yang belum dibaca, akan muncul titik kecil di atas ikon aplikasi.
Kamu tidak akan melewatkan hal-hal penting lagi. Kamu juga dapat melakukan quick preview dalam bentuk speech bubbles dengan men-tap dan menahan titik tersebut.

3. Android Instant Apps - Bisa Coba Aplikasi Tanpa Download
Pengguna smartphone Android Oreo dapat menjalankan aplikasi baru langsung dari browser, tanpa perlu men-downloadnya. Pengguna dapat mencoba aplikasi yang ingin di gunakannya tanpa mendownloadnya terlebih dahulu. ini memudahkan pengguna untuk memilih aplikasi apa yang ingin diinstall ke perangkatnya.

4. Google Play Protect - Download Aplikasi Makin Aman
Google meningkatkan keamanan toko aplikasi digital miliknya, Play Store. Google akan mendeteksi dan menghapus aplikasi berbahaya secara otomatis. Google menyatakan akan memindai miliaran aplikasi per hari.

5. Tombol Accessibility - Segalanya Bakal Lebih Mudah
Android Oreo memungkinkan kamu mengakses fitur aksesibilitas lebih cepat melalui panel navigasi, seperti pembesaran, dan fungsi dalam layanan aksesibilitas, seperti Select to Speak.

6. Smart Text Selection - Copy Paste Lebih Mudah
Fitur ini memudahkan kamu melalukan copy paste dengan mengaplikasikan on device machine learning. Contohnya, ketika kamu melihat tulisan sebuah alamat, kamu tidak perlu menyalinnya dengan mem-blok kata per kata. Google dapat mengenali konteks dan frasa tulisan tersebut kemudian membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste.

7. Dukungan Codec Audio Bluetooth High-quality
Fitur Android Oreo lainnya adalah dukungan codec audio Bluetooth high quality. Lubang jack audio di smartphone kini mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, headphone nirkabel digunakan. Untuk kalian pecinta music yang tidak ingin berkompromi soal kualitas audio yang dikelu arkan, tentu ini jadi kabar bahagia.
Android Oreo kini mendukung APTX yang sebanding dengan codec LDAC milik Sony, protokol streaming yang eksklusif dimiliki CSR dan kini dimiliki oleh Qualcomm. Dukungan codec audio ini mempermudah kamu mendengarkan musik dengan kualitas tinggi (high-bitrate) lewat perangkat Bluetooth.

8. Dukungan Neighborhood Aware Networking
Ini adalah fitur baru yang berkaitan dengan teknologi WiFi yakni Neighborhood Aware Networking (NAN). Ini memungkinkan perangkat menemukan satu sama lain dan berkomunikasi melalui WiFi tanpa perlu access point.
Dua smartphone yang mendukung teknologi NAN dapat menemukan satu sama lain dan terhubung. Ini memungkinkan mereka untuk berbagi data dengan kecepatan tinggi. Neighborhood Aware Networking (NAN) didasarkan pada standar WiFi Alliance WiFi Aware.

9. Dukungan Profil Wide Color Gamut di Aplikasi
Warna yang ditampilkan oleh smartphone tidaklah akurat sepenuhnya. Apa yang kamu lihat belum tentu sesuai dengan hasil cetak warna. Dalam dunia fotografi professional, proyeksi warna adalah hal yang sangat penting.
Dalam Android Oreo, Google menawarkan cara native untuk pengembang dalam menentukan cara agar dapat menampilkan aplikasi mereka di mode wide color gamut. Profil tersebut ialah AdobeRGB, Pro Photo RGB, dan DCI-P3, yang merupakan standar umum dalam aplikasi pencitraan, editing, dan video profesional.
Layar smartphone harus benar-benar mendukung secara fisik untuk menampilkan profil tersebut. Agar dapat menampilkan warna yang diperlukan untuk video profil HDR seperti HDR-10 dan Dolby Vision. Singkatnya ini adalah hal yang baik, meskipun kamu mungkin tidak pernah menyadarinya.

10.Channel, Cara Baru untuk Mengontrol Notifikasi
Google mengubah sistem notifikasi Android Oreo. Salah satunya adalah kamu bisa mengelompokkan notifikasi dari setiap aplikasi ke dalam kategori tertentu, yang disebut 'channels'. Hal ini mempermudah kamu saat akan mengatur atau bahkan memblokir notifikasi dari aplikasi yang dianggap mengganggu.

Itulah beberapa fitur Android Oreo. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, baik dari segi peangkat lunak maupun perangkat keras, menarik untuk ditunggu seperti apa system operasi nantinya dimasa mendatang.

No comments:

Post a Comment