TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi / OS

Pengertian Sistem Operas


Pengertian Sistem operasi / OS adalah sebuah software yang berfungsi untuk memanajemen operasi-operasi dari perangkat komputer itu sendiri. Dalam bahasa inggris, dikenal dengan istilah Operating System atau OS. Jika Kita ingin membeli sebuah komputer atau laptop, maka OS ini menjadi penting untuk diperhatikan. Sebab OS memiliki fungsi penting bagi kinerja komputer/ laptop tersebut. Lalu apa saja fungsi dari OS ini?

Fungsi Sistem Operasi Komputer / OS :
  1. Manajemen Kinerja Perangkat
    OS berfungsi untuk memanajemen kinerja perangkat itu sendiri. Perangkat yang dikelola adalah perangkat keras dan perangkat lunak. Mulai dari hal yang sederhana hingga ke hal yang lebih kompleks Agar perangkat itu mampu bekerja secara optimal.
  2. Sebagai Wadah dari Aplikasi
    Fungsi berikutnya adalah sebagai wadah dari sebuah Aplikasi yang terdapat pada komputer itu sendiri. Aplikasi itu terletak didalam memory perangkat, namun pada dasarnya aplikasi itu tersimpan di dalam OS. Hal ini membuat OS dikatakan sebagai wadah dari aplikasi yang ada di komputer.
  3. Optimalisasi Kerja Perangkat
    Selain sebagai wadah aplikasi dan memanajemen kinerja perangkat, sistem operasi juga berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja perangkat itu sendiri. Berbagai hal terkait kinerja dari perangkat hardware dan software dioptimalkan oleh OS. Saat kita mencari data yang tersimpan didalam perangkat tersebut, maka OS berperan untuk mengoptimalkan proses pencarian tersebut.
  4. Mengontrol Kinerja Sebuah Aplikasi
    Sistem operasi komputer juga berfungsi sebagai wadah dari aplikasi. Di samping sebagai wadah tersebut, OS dapat berfungsi untuk mengontrol kinerja dari aplikasi-aplikasi itu sendiri. Selain itu, sistem operasi memiliki peranan lain, diantaranya sebagai Server dan pengamanan. Sebagai server, OS akan menyediakan fasilitas yang diinginkan oleh pengguna saat mengakses perangkatnya. Sementara sebagai pengamanan, OS berfungsi untuk melindungi data dan batas-batas saat mengakses data tersebut oleh pengguna. Sehingga pengguna dapat dengan nyaman dan aman dalam menggunakan perangkatnya.
Itulah tadi beberapa informasi terkait pengertian sistem operasi dan juga fungsinya yang dapat Kita ketahui. Saat ini OS telah berkembang sangat pesat. Berbagai macam perusahaan yang mengeluarkan produk dalam bidang OS ini. Dengan perkembangan OS tersebut, maka kualitas dari perangkat akan semakin bagus. Sebab perangkat itu dapat melakukan kinerja yang sesuai dengan kualitas dari Os-nya. Demikianlah informasi tentang OS ini, semoga dapat menambah wawasan Kita tentang dunia komputer.

No comments:

Post a Comment