TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Pureview Kembali ke Asal


Beberapa tahun sempat dipegang oleh Microsoft, HMD Global selaku pemegang lisensi merek Nokia pada smartphone mengakuisisi paten teknologi PureView yang dulu digunakan pada kamera. Bakal dongkrak kamera Android Nokia?

Informasi ini dimuat dalam laman EU Intellectual Property Office Eropa yang menyebutkan paten PureView kini sudah menjadi milik HMD Global tertanggal 23 Agustus 2018 lalu.

Teknologi ini menawarkan kualitas hasil jepretan yang baik bahkan ketika di zoom berkat rapatnya pixel. Teknologi ini pertama kali digunakan pada ponsel Symbian, Nokia 808 PureView tahun 2012 lalu. Ponsel ini memiliki jumlah pixel yang sangat besar (bahkan masih belum terkalahkan sampai saat ini) yakni 41MP.

Setelah Nokia tak lagi memakai Symbian, teknologi kamera ini digunakan di smartphone Windows Phone Nokia Lumia. Seperti di Lumia 930, hingga Lumia 1020 dengan kamera 41MP.

Teknologi PureView kemudian menjadi milik Microsoft sebagai bagian kesepakatan dibelinya bisnis Device and Service Nokia pada 2014 lalu, dan digunakan di perangkat Microsoft Lumia 950.

Dengan dibelinya teknologi kamera ini, mengisyaratkan teknologi ini bakal digunakan pada smartphone Android dari Nokia di masa yang akan datang.

Selain memiliki paten PureView, HMD Global juga mempatenkan merek “Dual Sight” yang merupakan fitur penggunaan kamera depan dan belakang secara bersamaan dalam satu layar.

Sebelumnya HMD Global juga telah mematenkan merek “Asha” dan “Xpress-on Cover” dimana Xpress-on Cover sudah diterapkan sebagai aksesoris pada casing Nokia 1. Sedangkan Asha diperkirakan akan menjadi ponsel dengan fitur yang mendekati sebuah smartphone, seperti seri Nokia Asha dulu.

Kita tunggu saja kiprah PureView di HMD Global ini..

No comments:

Post a Comment