TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Cara Jitu Meningkatkan Performa Ponsel Android Anda




Secanggih apa pun perangkat (gadget) yang Anda miliki, jika digunakan dalam waktu yang lama maka kecepatan akan menurun. Terutama bagi Anda yang hampir tidak pernah mengistirahatkan ponsel secara rutin, hal ini tentu sangat mungkin terjadi. Tapi sebenarnya ada berbagai cara yang bisa kita lakukan agar kinerja handphone Anda tetap lancar dan stabil. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan agar HP Android Anda tetap ngebut dan juga efisien (dikutip dari Android Centre).

1. Hapus/hilangkan aplikasi yang Anda jarang digunakan

Beberapa perangkat yang tidak menjalankan Android polosan sering disematkan dengan sejumlah aplikasi buatan vendor ponsel yang merupakan bawaan ponsel. Disisi lain aplikasi tersebut sangat jarang atau bahkan tidak digunakan oleh pengguna sekalipun.


Akan tetapi tidak semua aplikasi tersebut bisa dihapus. Walaupun demikian, pengguna ponsel dapat mengakalinya dengan cara menonaktifkannya. Berikut langkah-langkanya:

Tekan Settings > Apps atau Install apps, lalu Tekan pada aplikasi yang jarang digunakan, kemudian pilih Uninstall atau DisableLakukan cara yang sama pada aplikasi yang jarang Anda gunakan namun sudah terinstal.

2. Gunakan Aplikasi Files Go (dapat di download di play store)


Aplikasi yang dirilis oleh Google ini akan membuat pengguna lebih mudah dalam hal mengatur dan membersihkan tempat penyimpanan file (storage) pada ponsel Android Anda. Dengan desain aplikasi yang simpel, para pengguna akan semakin mudah untuk menjalankannya.

Aplikasi Files Go dilengkapi dengan dua bagian utama, yaitu Files dan Storage. Fitur Storage berfungsi untuk mengetahui seberapa besar slot penyimpanan di ponsel yang masih tersedia atau masih bisa menampung.

Pada bagian ini kita juga diberikan tips agar ruang penyimpanan ponsel tidak banyak termakan sehingga menjadi lapang. Lalu kita juga bisa lebih mudah dalam membersihkan cached data dari aplikasi yang kita gunakan.

3. Gunakan atau Install Aplikasi yang Ringan


Bagi Anda yang memiliki ponsel Android yang tidak terlalu canggih, hanya dilengkapi dengan RAM dan memori internal yang cukup kecil atau terbatas, disarankan tidak menggunakan aplikasi yang berat, karna akan berdampak pada performa ponsel itu sendiri, sebaiknya gunakanlah aplikasi-aplikasi yang ringan. Saat ini aplikasi versi lite sudah dirilis oleh sejumlah developer ternama, contohnya Line Lite, Twitter Lite, YouTube Go, Facebook Lite, Skype Lite dan sebagainya.


4. Optimalisasi dari Home Screen

Penggunaan Live Wallpaper memang cukup menarik, namun dapat mempelambat kinerja ponsel Anda. Jadi, sebaiknya gunakanlah wallpaper biasa saja agar performa semakin ngacir.




5. Background dari Aplikasi

Sejumlah Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan baterai lebih cepat habis atau terkuras. Jadi sebaiknya Anda lebih rutin untuk memonitor penggunaan baterai ponsel. Caranya bisa dengan membuka menu Settings -> Battery. Jika menemukan aplikasi yang berjalan tidak normal dan mengganggu Anda bisa menekan tombol force stop.

6. Install Sistem Operasi Terupdate


Sistem operasi Android akan selalu melakukan update secara rutin, Jika terdapat pembaruan sistem operasi pada ponsel Anda disarankan untuk segera melakukan penginstalan. Dengan adanya pembaruan tersebut maka performa dari sistem di hp atau ponsel Anda akan menjadi semakin baik. Untuk mengecek sistem operasi ponsel Anda dapat dilakukan dengan membuka Settings -> About Phone, lalu cek apakah sistem operasi yang digunakan adalah versi terupdate?

Itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan tentang meningkatkan kinerja ponsel Android, semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua!

Selamat berbagi :D


No comments:

Post a Comment