TEKNO INFO

Blog Tentang Komputer, Smartphone, Info Tekno


Breaking

Fitur-Fitur Terbaru dari Google Search





Google Search yang sudah cukup lama berkiprah dalam dunia internet, sekarang genap berusia 20 tahun tepatnya pada September ini (September 2018). Dalam perkembangannya dalam tahun tersebut, banyak perubahan yang dilakukan mesin pencari (Search Engine) ini seperti ok google dan sebagainya. Semua penambahan fitur dan inovasi-inovasi yang dilakukan tentunya dimaksudkan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pencarian. Untuk Memeringati kiprahnya di dunia internet yang sudah memasuki tahun ke-20, Beberapa fitur baru dirilis oleh google untuk diterapkan di Google Search. Fitur-fitur tersebut memakai teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berfungsi agar dalam melakukan pencarian dapat menampilkan hasil pencarian yang lebih andal dan relevan bagi pengguna. Adapun beberapa fitur baru Google Search yang kami rangkum adalah sebagai berikut:

1. Fitur Active Card
Fitur ini dapat digunakan untuk menampilkan penelusuran terkait serta memperlihatkan pencarian yang pernah Anda lakukan sebelumnya dengan keyword atau topik yang sama. Dengan adanya fitur ini tentunya pengguna menjadi lebih mudah dalam menentukan kesesuaian atau keselarasan informasi antara topik penelusuran yang sedang dilakukan dengan penelusuran sebelumnya yang telah dilakukan pada subjek/topik yang sama. Fitur Active Card ini akan terlihat di atas hasil pencarian kata kunci yang Anda tujukan.

2. Fitur Collections
Fitur Koleksi (Collection) ini ditujukan agar para pengguna dapat mengatur dan menyimpan penelusuran tentang topik tertentu sesuai keinginan pengguna. Fitur ini juga memiliki fungsi yang berkaitan dengan activity card yang telah dijelaskan sebelumnya dimana Anda dapat melakukan penyimpanan dari hasil penelusuran yang muncul pada fitur activity card dan menambahkannya ke dalam koleksi.

3. Fitur Discover
Dengan Fitur ini pengguna dimungkinkan untuk mempunyai kontrol dan informasi yang lebih detail atas konten yang muncul dari hasil penelusuran di halaman pencarian. Fitur Discover ini diperuntukkan bagi pengguna mobile pada laman Google Search. Disisi lain, Dalam hal pencarian gambar dan video, google juga melakukan pengembangan sehingga hasil pencarian gambar dan video tersebut menjadi lebih cerdas. Disaat pengguna melakukan pencarian sebuah video maka Google akan memunculkan cuplikan video yang sesuai dengan topik atau keyword yang ditelusuri. Sedangkan untuk pencarian gambar, pihak Google telah memodifikasi sejumlah algoritma dan mengembangkan kemampuan Google Lens dalam melakukan pencarian.

 4. Fitur Pathways
Dengan adanya fitur Pathways, diharapkan dapat memberikan banyak manfaat untuk para pencari lowongan kerja. Dalam fitur Pathways ini bukan hanya menampilkan beragam lowongan pekerjaan (loker) saja, tetapi juga akan memunculkan rincian program pelatihan yang dapat diterima pengguna untuk persiapan dalam memulai karir profesionalnya.

Demikian sekilas info mengenai fitur-fitur dalam goolge search yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda khususnya dalam melakukan penelusuran menggunakan Google. 

No comments:

Post a Comment